Monday 13 December 2010

Hindari Pemakaian High Heels pada Anak

SEMUA orang setuju bila sepatu high heels mampu mendukung penampilan terlihat mengagumkan. Namun, apakah hal ini juga berlaku pada anak-anak? Apakah anak-anak aman mengenakan sepatu bertumit?
Sepatu yang memiliki hak lebih dari 2 cm akan meningkatkan risiko pergelangan kaki terkilir dan juga membuat ketegangan di bagian belakang kaki yang berpotensi menimbulkan masalah pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Anak-anak kecil sebenarnya tidak boleh menggunakan sepatu berhak, karena bisa mengkhawatirkan. Sepatu yang memiliki hak lebih dari 2 cm akan meningkatkan risiko pergelangan kaki terpelintir, dan juga membuat ketegangan di bagian belakang kakinya yang berpotensi menimbulkan masalah pertumbuhan dan perkembangan anak," jelas Gregor McCoshim, ahli penyakit kaki, seperti dikutip Telegraph, Selasa (16/11/2010).

Sedangkan Dr James Brodsky, seorang ahli bedah ortopedi di Dallas menyarankan agar orangtua memberikan sepatu yang sehat buat anak. Mengintip kriteria sepatu yang sehat, berikut jawabannya:

1. Tidak memiliki hak sepatu terlalu tinggi, dan sepatu harus disesuaikan dengan usianya.
2. Menggunakan bahan-bahan alami yang lembut.
3. Sesuai dengan bentuk kaki, tidak kebesaran atau kekecilan sehingga bisa memberikan dukungan pada kaki. (okezone)

No comments:

Post a Comment